Ini 11 Istimewanya Bulan Ramadhan Dibandingkan Bulan Lainnya

11 Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Ramadhan – Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah setiap amal kebajikan dan ibadah umat muslim akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah. Selain itu, ada banyak keutamaan yang wajib diketahui oleh setiap umat Islam, sehingga dapat meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah dan Rosul-Nya.

Bulan terbaik dari 12 bulan ini selalu dinanti-nantikan oleh orang Islam. Selain penuh berkah dan rachmat Allah, bulan Ramadhan juga sering kali dijadikan bulan untuk berlomba-lomba dalam melakukan amal kebaikan. Tak heran, jika bulan suci ini memiliki banyak keistimewaan dan keutamaan dibanding bulan lainnya.

Nah, buat kalian yang sudah lama menantikan datangnya bulan pahala ini, berikut penulis bagikan beberapa istimewanya bulan suci Ramadhan sebagai bekal diri untuk memperkuat iman dan taqwa.

Allah Lipat Gandakan Setiap Amal Kebajikan

Sayang sekali rasanya jika bulan ini tidak dipergunakan untuk memperbanyak bekal diri menghadap Illahi. Sebab, sudah bukan rahasia jika banyak sekali umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan karena pada bulan Ramadhan segala sesuatu atau amalan yang baik yang kita lakukan mendapat pahala yang berkali-kali lipat.

Wajib Tahu: 3 Amalan Sederhana untuk Menyambut Datangnya Ramadhan

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan.

Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu,nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan (HR. Bukhori-Muslim)”.

Bulan Diwajibkan Seluruh Umat Muslim Berpuasa.

Puasa pada bulan suci Romadhon adalah salah satu rukun Islam, yakni rukun yang keempat. Rukun Islam adalah pondasi Islam dan Iman. Sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW: “Islam dibangun di atas 5 pondasi : Persaksian bahwasanya tidak ada Ilah yang berhak diibadahi kecuali Allah dan bahwasanya Muhammad adalah Rasulullah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan melaksanakan haji ke Baitullah. (Muttafaqun ‘Alaihi).”

Yang menarik dibaca untuk Anda: Kata Kata Ucapan Marhaban ya Ramadhan

Hal tersebut termasuk dari perkara agama yang telah diketahui secara umum dan telah disepakati oleh kaum muslimin bahwasanya ibadah puasa di bulan Ramadhan termasuk dari ibadah yang wajib dari kewajiban-kewajiban yang Allah ta’ala tetapkan.

Puasa Ramadhan Hukumnya Fardhu ‘Ain

Puasa pada bulan Romadhon hukumnya adalah fardhu ‘ain, yakni wajib bagi setiap orang Islam laki-laki dan perempuan yang sudah baligh. Allah SWT telah berfirman didalam Al-Qur’an:

فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ

Artinya: Maka barangsiapa diantara kalian menyaksikan (hadir di negerinya) bulan Ramadhan maka wajib baginya untuk berpuasa. (Al Baqarah: 185)

Bulan Diturunkannya Al-Qur’an

Al-Qur-an diturunkan pada bulan Ramadhan, di mana petunjuk dan berbagai pengaruh serta nilainya telah terealisasi di muka bumi ini. Dan pada bulan ini pula al-Qur-an diturunkan sebagai ilmu dan pengetahuan, sebagai penunjuk jalan (kehidupan) sekaligus sebagai norma untuk berpijak. Sebelumnya, kekufuran telah merebak luas dan menghantui manusia. Tetapi ketika al-Qur-an datang, kekufuran itu terhenti, kegelapan pun terusir dan ruh kembali bersemangat untuk memasuki kehidupan. Sebab, risalah Islam akan dapat mempengaruhi dimensi ruh dalam kehidupan serta menjalankan fungsinya dalam merubah wajahnya yang gelap menjadi wajah yang terang bersinar, yang membawa kecintaan, kejernihan, hidayah dan bimbingan.

Allah Ta’ala berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur-an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)…” [al-Baqarah/2: 185]

Pada Bulan Ramadhan Pintu Neraka Ditutup dan Pintu Syurga Di Buka

Banyaknya amalan kebajikan yang diperintahkan pada bulan Ramadhan yang akan membuat setiap umat muslim di masukkan ke dalam syurga. Dan pada bulan tersebut ditutuplah rapat-rapat pintu neraka karena sedikitnya orang yang berbuat maksiat dan dosa.

Pada Bulan Ramadhan Syetan Dibelenggu

Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah dibelenggunya para syetan sehingga kekuatan syetan menjadi lemah untuk menyesatkan orang-orang yang taat dan memalingkan mereka dari amalan yang shalih. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW telah bersabda:

“Jika telah datang bulan Ramadhan dibukalah pintu-pintu Al Jannah dan ditutuplah pintu-pintu An Naar dan para setan dibelenggu. (HR. Bukhari, Muslim, An Nasa’i).” 

Hamba Allah Dibebaskan dari Api Neraka

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah tabaraka wata’ala setiap kali saat berbuka memiliki hamba-hamba yang berhak untuk dibebaskan dari An Naar, yang demikian itu terjadi pada setiap malam. (HR. Ibnu Majah, Ahmad, dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albani).”

Allah Limpahkan Ampunan-Nya

Keutamaan bulan suci Ramadhan adalah dimana berlimpahnya ampunan Allah SWT kepada orang-orang yang senantiasa menjalankan ibadah atas dasar keimanan dan mengharapkan pahala di sisi Allah. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan atas dasar keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah Ta’ala maka dia akan diampuni dari dosa-dosanya yang telah lalu. (Muttafaqun ‘Alaihi).”

Disunnahkan Ibadah Tarawih

Keutamaan lain dari bulan Ramadhan adalah mengikuti sunnah Nabi Shollallahu ‘ alaihi wasallam.

“Barangsiapa yang menegakkan shalat malam (tarawih) pada bulan Ramadhan atas dasar keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah Ta’ala maka dia akan diampuni dari dosa-dosanya yang telah lalu. (Muttafaqun ‘Alaihi).”

Terdapat Satu Malam yang Lebih Baik dari 100 Bulan

Barangsiapa yang dia mendapatkan malam ini dan menghidupkannya maka dia akan mendapatkan ampunan dari Allah ta’ala, berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam :

“Sesungguhnya bulan (Ramadhan) ini telah datang kepada kalian, di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Barangsiapa yang diharamkan dari mendapatkan malam tersebut maka sungguh dia telah diharamkan dari kebaikan seluruhnya, dan tidaklah diharamkan dari mendapatkan kebaikan malam tersebut kecuali mereka yang memang orang yang diharamkan untuk mendapatkannya.(HR. Ibnu Majah)”

Dan juga sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam

“Barangsiapa yang menghidupkan malam Lailatul Qadr atas dasar keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah Ta’ala maka dia akan diampuni dari dosa-dosanya yang telah lalu.(Muttafaqun ‘Alaihi)”

Puasa Pelebur Dosa-Dosa Kecil

Bahwasanya ibadah puasa yang dijalankan pada bulan Ramadhan akan menjadi pelebus dosa-dosa kecil yang dilakukan diantara puasa pada tahun ini dan pada tahun sebelumnya dengan syarat setiap umat muslim yang menjalankan ibadah puasa menjauhi dosa-dosa besar.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Shalat-shalat yang lima waktu, shalat Jum’at yang satu ke Jum’at yang berikutnya, dan puasa Ramadhan yang satu ke Ramadhan berikutnya akan menghapuskan dosa-dosa kecil di antara keduanya jika ia meninggalkan dosa-dosa besar. (HR. Muslim, Ahmad).”

Pada Bulan Ramadhan Terjadi Peristiwa Bersejarah

Dari beberapa keistimewaan Ramadhan adalah terjadinya beberapa peristiwa penting dan bersejarah bagi umat Islam, diantaranya perang Badr Kubra, Fathu Makkah, Allah berikan bantuan yang nyata bagi kaum mulism yang berperang di medan pertempuran Hithin dan berhasil mengalahkan bala tentara salibis (Nasrani), kembalinya Baitul Maqdis pada pangkuan muslimin, serta bala tentara kaum muslimin berhasil mengalahkan pasukan besar Tartar.

Itulah beberapa keistimewaan dan keutaamaan dari bulan penuh hikmah, berlimpahnya ampunan Allah dan rachmat bagi semua manusia didunia. Tak hanya itu, bulan Ramadhan juga bulan penuh berkah bagi siapa saja. Maka rasanya tak pantas bagi kita untuk berpaling dan meninggalkan perintah Allah karena sudah dijelaskan banyak sekali keutamaan didalamnya sebagai bekal kita menghadap kepada-Nya.

You might also like