3 Amalan Sederhana untuk Menyambut Bulan Ramadhan Penuh Berkah

0
32
3 Amalan Sederhana untuk Menyambut Bulan Ramadhan Penuh Berkah
Source Gambar: nu.or.id

3 Amalan Menyambut Ramadhan – Hangatnya Ramadhan semakin kental terasa. Berkahnya telah lama dinanti-nantikan umat muslim di seluruh dunia. Ucap syukur dari lubuk yang paling dalam karena kita masih diberi kesempatan oleh Allah untuk bertemu bulan penuh berkah dan ampunan dari Allah yang hanya ada satu kali dalam satu tahun ini.

Tak hanya meminta maaf melalui kata kata ucapan selamat Marhaban ya Ramadhan, tentunya kita harus mempersiapkan penyambutan khusus untuk bulan suci penuh ampunan dengan sebaik mungkin. Namun, bagaimana seharusnya kita mempersiapkan diri menghadapi datangnya bulan puasa Ramadhan?

Berikut empat amalan sederhana yang dapat sobat muslim persiapkan untuk menyambut Ramadhan seperti dilansir dari Islampos, Senin (7/5/2018)

Memperbaiki Hubungan dengan Sesama

Allah berfirman : “Bertakwalah kepada Allah dan perbaiki hubungan diantara kalian”.

Salah satu persiapan sederhana yang bisa sobat persiapkan untuk menyambut bulan suci penuh ampunan Allah adalah dengan kembali memperbaiki hubungan dalam keluarga, karena dengan demikian akan semakin menambah keharmonisan dalam keluarga ketika menjalani ibadah puasa, karena hati yang bersih akan semakin suci. Maka, menjelang bulan ini saatnya kita semua untuk saling maaf dan memaafkan.

Memohon Ampunan Allah SWT

Setiap manusia pasti memiliki salah dalam hidupnya. Iman yang kadang naik, kadang pula turun membuat perjalan hidup setiap anak adam pasti akan jatuh dan kotor oleh dosa-dosa. Kotoran dan dosa itu harus dibersihkan. Maka untuk menghapusnya kita harus beristigfar dan bertaubah kepada Allah SWT.

Didalam Al-Qur’an Allah SWT telah berfirman: “Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.” (QS. Al-Anfaal: 33).

Belajar Ilmu Fiqih Selama Bulan Ramadhan

Allah senantiasa mengingatkan kita bahwa dalam hidup kita diperintahkan untuk senantiasa membekali diri sebanyak mungkin. “Ambillah bekal, dan sebaik-baik bekal adalah taqwa” (QS. Al-Baqarah: 197).

Untuk bisa menggapai taqwa selama ramadhan, kita harus mengikuti aturan syariat yang berlaku selama bulan mulia itu. Dan satu-satunya jalan untuk bisa mengikuti aturan syariat itu adalah dengan mempelajari aturan terebut dan berusaha mengamalkannya.

Karena itulah, para ulama sejak masa silam, selalu memotivasi kaum muslimin untuk belajar dan belajar. Belajar aturan syariat kemudian berusaha mengamalkannya.

Berlatih dengan Puasa Sunnah

Untuk menghadapi Ramadhan kita membutuhkan energy yang cukup baik. Salah satu cara kita untuk mempersiapkan diri menyambut Ramadhan adalah dengan memperbanyak shaum sunnah di bulan Sya’ban.

Dari Aisyah ra, ia berkata: “Tidaklah saya melihat Rasulullah menyempurnakan satu bulan puasa kecuali ramdhan, dan tidaklah saya melihat Rasulullah yang paling banyak puasanya kecuali di bulan sya’ban. (HR. Bukhori).

Demikian amalan sederhana yang dapat sobat persiapkan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. Tidak hanya tahun ini, persiapan ini senantiasa baik diamalkan setiap kali menjelang bulan penuh rahmat tersebut. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mari sebarkan kebaikan ini!